Fitur Setting dan Kirim SMS Simkah

Pengertian SMS. Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa teks melalui perangkat nirkabel, yaitu perangkat komunikasi teleon selular, dalam hal ini perangkat nirkabel yang digunakan adalah telepon selular. Salah satu kelebihan dari SMS adalah biaya yang murah.

Simkah mulai versi 16.74, terdapat fitur kirim sms ke catin (calon pengantin) di modul pendaftaran nikah dan validasi data nikah. Fitur ini diharapkan kua akan lebih mendekatkan diri dan interaktif berkomunikasi dengan masyarakat melalui sms.

Di modul blanko isian simkah telah ditambahkan data no HP dari catin wanita dan pria, jika isian tersebut di lengkapi, maka kua bisa mengirim data berkas pendaftaran yang masuk ke kua ke catin yang bersangkutan. Untuk kebenaran data catin, kua juga bisa mengirimkan data pemeriksaan nikah ke catin, agar bisa saling mengkoreksi data yang masuk ke KUA.

Ke depan fitur sms ini di kembangkan lebih interaktif kepada masyarakat dengan menambah fitur autorespon terhadap beberapa format pesan yang sudah di kondisikan. Tidak menutup kemungkinan pengiriman data N bisa melalui sms dari kua ke kabupaten/propinsi/pusat, untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau dengan internet (low sinyal) tetapi hanya terjangkau hanya untuk telp dan sms.

Untuk mengaktifkan fitur SMS ini, ada beberapa hal yang harus di lakukan oleh operator simkah, sebelum menggunakannya. Modem yang digunakan adalah modem USB internet pada umumnya, tetapi ada beberapa merk yang tidak support AT-Comamand sehingga tidak bisa digunakan.

Hal-hal yang harus diperhatikan terangkum dalam video tutorial setting dan penggunaan SMS disimkah yang dapat di simak di bawah ini :


  _