Mengatasi Error 'Database Tidak di kenal' di SIMKAH

Pesan error ‘Lokasi Database Tidak dikenal’ sering kali terjadi ketikan kita hendak login ke dalam simkah atau ketika setting awal, hal ini bisa terjadi terjadi akibat :

 

1. Lokasi database simkah (file simkah.gdb) tidak ditemukan di folder database yang telah ditentukan di setting simkah. Perhatikan contoh gambar dibawah ini. Di setting Server Lokasi database telah di isi `E:\JatimSINR\cipondoh\’, tetapi secara fisik file  database simkah.gdb (E:\JatimSINR\cipondoh\simkah.gdb) tidak ditemukan di dalam folder.

 

 Solusi :

carilah file simkah.gdb didalam computer anda,  cara mencari bisa melalui modul search di windows.

-  Windows XP

 

 Hasil pencarian simkah.gdb

 

 Setelah ketemu, jalankan menu  SIMKAH > Setup Awal, pada isian Lokasi Database arahkan ke folder dimana simkah.gdb berada, kemudian tekan tombol lanjut sampai selesai.

 

2. Jika langkah pertama sudah dijalankan dan masih tetap muncul error yang sama, maka tekan tombol start di windows cari menu simkah dan klik menu ‘Server Start’.

3. Proses Install simkah lebih dari 1x, disini yang dimaksud adalah jika simkah sudah diinstall kemudian melakukan install untuk yang kedua kalinya. Kemungkinan besar terjadi error 'Lokasi Database Tidak Di Kenal'.

4. Ada bug pada simkah versi dibawah 16.74 dimana proses uninstall simkah tidak di ikuti oleh proses uninstall firebird, sehingga jika dilakukan install ulang service firebird menjadi berhenti dan muncul error 'Lokasi Database Tidak Di Kenal'.

5. Secara manual bisa juga dilakukan melalui Command Dos Prompt (CMD), langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Tekan tombol bendera di keyboard, kemudian pilih menu `run` dan ketik CMD lalu tekan enter.
  • Setelah masuk ke dos prompt ketik ‘net start FirebirdGuardianDefaultInstance’ lalu tekan enter.

 4. Jika masih muncul pesan error yg sama, maka hubungi 'ariessoftware' :D