Cara membuat Service Windows dengan menggunakan sc.exe

Sebagai seorang programmer kadang kita terbentur masalah dengan perbedaan OS (Operating System) dari windows yang kita pakai untuk membuat program, dengan OS Windows yang akan di pakai untuk menjalankan program yang sudah di buat.

Di Windows ada suatu fitur Windows  Service untuk menampung program yang bersifat otomatis dan berjalan di balik layar (running background) yang artinya, program akan tetap berjalan meskipun tidak tampil di layar desktop, untuk lebih jelasnya tentang Windows Service bisa di baca disini.

Sc.exe adalah salah satu tools aplikasi bawaan windows untuk membuat layanan Service Windows secara command line (CMD) dari program yang sudah kita buat, selain Netsvc.exe and Instsrv.exe. SC.exe merupakan alternatif jika kita menghadapi masalah ketika menginstall aplikasi yang telah kita develop (c:\service1.exe /install). Terutama apabila kita mendevelop suatu software di OS XP, ketika kita trial di XP 32bit berjalan dengan normal tetapi kita usernya menggunakan OS Windows Server 2008 R2 64bit, kita akan mengalami kendala ketika proses install service.

Pesan error yang terjadi, jika kita lihat di event lognya adalah 'APPCRASH event...', untuk mengatasi hal ini, kita harus membuat suatu tempat di windows service untuk aplikasi kita (permission), agar ketika menjalan install aplikasi kita di windows service dapat diterima dan berjalan dengan normal. Langkah-langkah berikut bisa di coba untuk mengatasi error tersebut diatas.

  1. Jalankan Command Prompt (CMD).
  2. Ketik `sc create newservice binpath = c:\service1.exe`, tulisan yang berwarna merah sesuaikan dengan letak lokasi aplikasi anda yang akan di install.
  3. Jika sukses baru kita jalankan perintah install aplikasi anda ke windows service contoh : c:\service1.exe /install.