Membangun Sistem Informasi Manajemen Terpadu KUA

Sebagai Garda terdepan Kementrian Agama, Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai tugas berat dalam melayani masyarakat, tidak hanya dalam pelayanan Nikah, Talak , Cerai dan Rujuk (NTCR) saja, tetapi juga sebagai penyelengara fungsi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat, seperti mengurus dan membina masjid, zakat, wakaf, baitul mal dan ibadah sosial, serta menangani masalah kependudukan dan keluarga sakinah.

Dengan kata lain KUA sebagai sumber dasar informasi Kementrian Agama yang langsung di kumpulkan dari masyarakat pengguna jasa KUA. Dari Informasi-informasi ini, akan di jadikan dokumen Negara yang berkuatan hukum, seperti Akta Nikah, Akta Cerai dan Akta Wakaf dan dokumen-dokumen Negara lainnya. Dokumen ini akan sangat berarti dan menjadi bukti sah jika terjadi sengketa hak waris, sengketa tanah, pengurusan haji dan lain-lainnya.

Melihat betapa pentingnya dokumen-dokumen yang di hasilkan KUA, perlu di buatkan suatu sistem informasi terpadu yang berbasis computer sebagai alat bantu, baik dimulai dari input data yang akurat, pencetakan dokumen, pengarsipan yang bagus dan kemudahan dalam hal pencarian dokumen yang telah di hasilkan untuk semua tupoksi yang ada di KUA.

SIMKAH yang merupakan cikal bakal dari sistem terpadu ini, akan terus di kembangkan untuk mengcover semua tupoksi yang ada di KUA baik untuk kepala KUA, Penghulu dan staff. SIMKAH tidak hanya ada modul NTCR saja, tetapi juga ada Wakaf, Kemasjidan, Administrasi Surat dan BP4.  Di harapkan di KUA tidak terlalu banyak sistem aplikasi, cukup satu tetapi meliputi semua lingkup pekerjaan di KUA.

 

Fitur SIMKAH yang bisa dijalankan secara offline dan online ini sangat membantu KUA dalam melayani masyarakat dan melayani kebutuhan dokumen Negara yang di minta oleh kementerian agama yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten, propinsi dan pusat. Dokumen yang di hasilkan adalah dokumen yang akurat dan tidak hanya jumlahnya saja tetapi merupakan data detail, yang tersimpan dalam bentuk digital, sehingga aman dan mudah diakses.

Simkah yang dulu berbasis desktop aplikasi sekarang telah dikembangkan ke webbase aplikasi, yang dalam implementasinya bisa dijalankan tidak hanya di Operating Sistem (OS) windows saja, bahkan dengan linux pun bisa, termasuk variantnya yaitu android, yang saat ini banyak diminati masyarakat. Simkah saat ini bisa berjalan di android, meskipun fitur belum selengkap versi desktopnya, namun pengembang SIMKAH akan terus berupaya melengkapi fitur-fiturnya seperti SIMKAH yang berbasis desktop.

Fitur-Fitur Simkah di Android;

1. Pendaftaran Nikah Online yang terintegrasi dengan SIMKAH yang berbasis desktop di KUA

2. Pengumuman Kehendak Nikah (NC) secara Nasional.

3. Direktori KUA berbasis goole maps.

4. Pencarian Akta Nikah secara Online

Link untuk download Simkah.apk bisa diunduh di sini

{fcomment}