Membidik Citra KUA dengan SIMKAH

"Membidik Citra dengan SIMKAH" istilah tersebut muncul pertama kali di cover depan Majalah Penghulu Bimas Islam Kementerian Agama RI, yang juga merupakan sebuah artikel yang di buat oleh Achmad Shampton Masduqi penghulu di salah satu Kecamatan di Kota Malang Jawa Timur. 

Dalam artikel tersebut di ceritakan panjang lebar awal sejarah di kembangkannya SIMKAH hingga harapan-harapan ke depan, dimana SIMKAH di harapkan menjadi suatu perangkat lunak yang menjadi tumpuan bagi para operator dalam melakukan tugas melayani masyarakat. "Just One Klik" semual laporan tahunan diharapkan sudah tersedia, kata salah satu Kepala KUA di Tanah Datar Sumbar Syafrijal Malin.

Harapan-harapan tersebut menjadi semangat dan dorongan kami untuk selalu berinovasi, mengembangkan aplikasi ini. Saat ini kami mengembangkan SIMKAH berbasis Open Source, yang menjadi tren di masyarakat pada dekade ini. Simkah bukan hanya bisa berjalan di OS (Operating System) Windows, tetapi juga di Linux berserta variannya termasuk android.

Dalam waktu dekat kami akan luncurkan apk SIMKAH, yang nantinya akan di budle/dibungkus dengan suatu media yang bernama "Media Informasi Digital KUA berbasis Android", dimana informasi tentang layanan KUA bisa diakses oleh masyarakat secara offline. Tampilan Simkah Android bisa dilihat di screen shot di bawah ini.

Adapun Informasi yang bisa diakses antara lain :

  1. Pencarian Akta Nikah.
  2. Pendaftaran Nikah.
  3. Jadwal Akad Nikah.
  4. Peta Lokasi KUA se kecamatan.
  5. Pengumuman Kehendak Nikah Online.
  6. Majalah Digital Penghulu.
  7. Akta Nikah Digital.
  8. Antrian Pelayanan.
  9. Penentuan Arah Kiblat.
  10. Kotak Saran Digital
  11. Antrian
  12. Video Informasi
  13. Dan lain-lain

 {JFBCComments}